Nasi Box : Resep Tortilla Jagung Dari Masa Harina

Resep Tortilla Jagung Dari Masa Harina

    Hasilkan 15 tortilla
    Waktu sekitar 1 jam

Di Meksiko, masa untuk tortilla selalu dibuat dari nixtamal, jagung kering yang telah diperlakukan dengan alkali, seperti abu atau batu kapur yang ditebang (disebut cal di Meksiko), yang melembutkan teksturnya dan sangat meningkatkan profil nutrisinya. Nixtamalization juga mengubah rasa dan aroma jagung dengan cara yang membuat ketagihan dan tak terhapuskan tetapi hampir mustahil untuk dijelaskan.

Ditampilkan di: Masa Menawarkan The Kernels Of A Culture.
Meksiko, Tepung Jagung, Vegetarian
35 peringkat
Bahan

    12 ons tepung jagung nixtamalized, seperti Maseca

Persiapan

    Potong 2 kotak plastik tebal 10 inci dari tas freezer Ziploc ukuran galon dan sisihkan untuk melapisi mesin press tortilla 8 inci.
    Tempatkan tepung jagung dalam mangkuk besar. Perlahan tambahkan 2 1/4 gelas air keran panas, uleni dengan jari-jari Anda. Setelah semua air ditambahkan, uleni hingga adonan menjadi halus, 3 hingga 5 menit. Masa harus sangat lembut tetapi tidak lengket, tentang konsistensi Play-Doh. Jika terlalu kering, kerjakan lebih banyak air, 2 sendok makan sekaligus. Jika terlalu basah, lanjutkan menguleni sampai mengering sedikit atau uleni tepung jagung tambahan. Masa mengering dengan sangat cepat, jadi setelah konsistensi yang tepat, tutuplah dengan handuk dapur yang lembab.
    Panaskan wajan panekuk atau wajan antilengket atau besi berat di atas api sedang. Tujuannya adalah panas sedang-rendah stabil.

    Jepit sekitar 2 ons masa dan gulung menjadi bola berdiameter sekitar 1 3/4 inci. Ratakan ringan di antara telapak tangan Anda untuk membuat putaran 2 1/2-inci. Tempatkan satu lembar plastik di bagian bawah mesin tortilla terbuka dan tempatkan adonan di tengah. Tutup dengan lembaran plastik lainnya dan tekan tuas dengan lembut tetapi kuat untuk meratakan adonan. Jangan memutar tuas ke bawah sekeras yang Anda bisa karena tortilla akan terlalu tipis.

    Balikkan tortilla (masih di dalam plastik) dan tekan kembali secara perlahan menjadi putaran 6 - 6 1/2-inci yang rata. Tempatkan tortilla (masih di plastik) di telapak tangan kiri Anda. Gunakan tangan Anda yang lain untuk melepaskan plastik, lalu balikkan tortilla ke telapak tangan kanan Anda dan lepaskan plastik lainnya. Lepaskan tortilla dengan lembut ke permukaan memasak.

    Menonton dengan hati-hati, masak sampai salah satu ujungnya mulai kering, 15 hingga 25 detik. (Jika Anda terlalu lama memasak tortilla pada langkah ini, ia tidak akan matang dengan benar.) Balik tortilla dan masak di sisi kedua hanya sampai berbintik-bintik coklat, 1 hingga 2 menit, putar sekali. Balikkan tortilla kembali ke sisi pertama. Tortilla mungkin mulai mengepul pada tahap ini. Ketika baru mulai cokelat di bagian bawah, balik lagi, kembali ke sisi kedua, dan pindah ke bagian yang lebih dingin dari permukaan memasak, menuju tepi. Biarkan tortilla selesai dimasak di sana sampai sebagian besar tampak tembus cahaya saat dipegang hingga cahaya, 30 hingga 60 detik.

    Susun tortilla matang dalam keranjang yang dilapisi dengan serbet besar yang bisa Anda lipat di atasnya, yang akan membuat mereka terus mengukus, membuatnya lembut dan lentur. Jika tidak segera digunakan, simpan tortilla yang sudah dimasak dalam kulkas, dibungkus dengan baik. Untuk memanaskannya kembali, letakkan langsung di permukaan yang panas atau bungkus dengan handuk basah dan panaskan dalam microwave selama beberapa detik.

Tautan : Nasi Box

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Sewa Bus : Petualangan Paket wisata di St Moritz

Catering Jogja Murah : Makan, Ingatan: Sacré Cordon Bleu!